Artikel

Survey Kopi Arabica dan Robusta

02 September 2024 21:15:22  Administrator  2 Kali Dibaca 

Nagari Lubuk Gadang adalah salah satu nagari yang berada di Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Perkebunan kopi berada di Jorong Bukik Malintang. Kini Solok Selatan sudah mulai dikenal sebagai salah satu specialty coffee Indonesia yang layak untuk di coba. Kopi ini memiliki aroma Spicy yang kuat, yang menjadi keunikan tersendiri. Dari segi rasa, Anda dapat merasakan sensasi rasa coklat, karamel, dan citrus.

Ada dua jenis kopi yang ditanam di daeran ini yaitu jenis arabika dan robusta. Kopi Robusta (nama Latin Coffea canephora atau Coffea robusta) merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Jenis kopi ini tumbuh baik di ketinggian 400–700 m dpl, temperatur 21-24 °C dengan bulan kering 3-4 bulan secara berturut-turut dan 3-4 kali hujan kiriman. Kualitas buah lebih rendah dari Arabika. Kopi robusta diklasifikasikan sebagai kopi kelas 2, karena rasanya yg lebih pahit, dan kadar kafein kadar lebih tinggi dibanding arabika. Kopi robusta dapat ditumbuhkan dengan ketinggian 800 m di atas permuakaan laut. Lebih rawan terhadap serangan hama dan penyakit. Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Sebagian besar kopi yang ada, dibuat menggunakan biji kopi arabika. Tumbuh pada ketinggian 600-2000 mdl. Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26 oC.

Kopi arabika dan robusta memiliki perbedaan dari segi rasa, bentuk, aroma bahkan karakter dari tanaman arabika dan robusta itu sendiri. Arabika memiliki kandungan kafein lebih rendah daripada robusta. Dari segi rasa kopi arabika lebih manis, asam, dan lembut. Kopi robusta umumnya memiliki rasa yang pahit dan lebih kuat di lidah. Dari segi bentuknya arabika cenderung lonjong dan robusta cenderung bundar. Harga kopi arabika lebih mahal karena biaya perawatan yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan robusta. Tanaman arabika perlu dirawat dengan teliti mulai dari budidaya hingga panen, sedangkan budidaya tanaman robusta lebih mudah.

Dari segi pengolahannya kopi arabika menggunakan suhu yang digunakan untuk pengolahan kopi arabika yaitu 150oC yang termasuk ke dalam tipe light roast sedangkan suhu untuk robusta menggunakan suhu 200oC yang termasuk tipe medium roast. Dari segi pemilihan cherry untuk kopi arabika yang digunakan hanya yang bewarna merah saja sedangkan cherry robusta bisa menggunakan cherry yang bewarna merah dan hijau.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Menu Kategori

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Aparatur Nagari

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Nagari

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Raya Lubuk Gadang Kec. Sangir Kab. Solok Selatan
Nagari : Lubuk Gadang
Kecamatan : Sangir
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27714
Telepon : 0
Email : walinagari.lubukgadang@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2
    Kemarin:50
    Total Pengunjung:1.037
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:36.67.234.41
    Browser:Mozilla 5.0